Senin, 19 Maret 2012

Pengertian ~ Simple : HTTP, WWW, URL

HTTP

Pengertian HTTP atau definisi HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server. Sebuh client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP k...e port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request), seperti “GET / HTTP/1.1” yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan, diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu.

WWW

WWW =World Wide Web bukan Internet. Tapi, WWW merupakan jaringan yang terbesar dan terpopuler di internet. Data WWW disebut website atau webpages. Di dalamnya ada tulisan, gambar, foto, suara, dan video. Dengan World Wide Web, kita dapat ma...suk atau surfing ke berbagai webpages. Tentunya, dengan menggunakan bahasa khusus yang disebut Hypertext Transfer Protocol atau HTTP. Internet tidak hanya berisi World Wide Web. Ada juga jaringan-jaringan lain di dalamnya. Misalnya, SMTP/POP untuk email, P2P untuk musik dan video, dan FTP untuk men-download. Setiap jaringan itu punya bahasa-bahasa khususnya sendiri.

URL

URL singkatan dari Uniform Resource Locator. URL adalah lokasi dari sebuah file di dalam web. Beberapa contoh URL antara lain http://www.pestahosting.com/, atau http://member.pestahosting.com/. URL yang Anda pilih akan digunakan oleh pengunjung, atau Anda sendiri, untuk mengakses Website Anda atau URL bisa disebut juga dengan Domain.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo