Rabu, 09 Mei 2012

Pengenalan Dasar Tentang Jaringan Komputer

        Network/jaringan, kalian udah pada tau belum sii apa yang di maksud dengan Network itu ?? Network/jaringan adalah sebuah sistem yang terdiri atas sebuah komputer-komputer yang di desain untuk dapat berbagi sumber daya (Printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan) dan dapat mengakses informasi. berdasarkan kriterianya jaringan di bagi menjadi :


1. Berdasarkan sumber informasi/data

  • Jaringan Terpusat jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server.
  • Jaringan Terdistribusi merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk suatu sistem jaringan tertentu.
2. Berdasarkan Jangkauan Geografis

  • LAN (Local Area Network) Local Are Networ adalah sebuah jaringan yang hanya mencakup satu gedung atau ruangan. 
  • MAN (Metropolitan Area Network) Metropolitan Area Network adalah suatu jaringan yang mencakup Daerah atau kota 
  • WAN (Wide Area Network) Wide Are Network adalh suatu jaringan yang mencakup dunia, jaringan ini bisa menghubungkan negara 1 dengan yg lainnya.
3. Berdasarkan perana dan hubungan tiap komputer dalam memperoses data
    • Jaringan Client Server Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.    
    • Jaringan Peer to Peer Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.
    4. Berdasarkan media transmisi data
    • Jaringan Berkabel (Wired Network) Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
    •  Jaringan Nirkabel (Wireless Network) Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

    oke deh kali ini cukup sekian dulu ya postingannya, nanti tentan network akan kita bahas lagi karna masih banyak sekali :), terimakasih karna telah berkunjung :), sampai jumpa di postingan selanjutnya :) bye :)


    3 komentar:

    Unknown mengatakan...

    nice post. . . :)

    Ari Wibowo mengatakan...

    nazma.... bagus bgt postinganmu, coba deh edit sedikit..tm,nbahkan gambar untuk masing2 bahasan kamu. tentusaja akaN TMBH menarik...happy posting,.,,,

    Unknown mengatakan...

    makasih :) seneng deh :)
    pasti nanti aku kasih gambar biar menarik :D makasih :D

    Posting Komentar

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo