Selasa, 19 Juni 2012

Mengembalikan File yang Telah di Hapus Dari Recyle Bin

Hy sahabat IT Women, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya mengembalikan data yang hilan dari Recycle Bin, mungkin adalah tipe orang yang terbiasa membersihkan drive anda dan file-file yang sudah lewat masa pakai. Misalnya, anda yang baru lulus kuliah dan anda memasuki babak baru kehidupan anda yaitu bekerja. ketika anda kuliah, kompyter and pastinya di penuhi oleh file-file yang menunjang untuk perkuliahan anda, terlebih ketika anda menulis skripsi, mungkin anda menghabiskan ber Giga-giga memory komputer anda untuk menunjang penulisan skripsi anda, setelah bekerja anda ingin membuka lembar baru kehidupan anda, meluapkan masa lalu dan mengisinya dengan yang baru lalu anda menghapus semua kenangan masa perkuliahan anda. suatu ketika anda mengerjakan sesuatu yang anda tekuni ketika kuliah dan baru sadar ternyata anda membutuhkan beberapa file yang telah anda hapus, apa yang harus saya lakukan ? mungkin anda akan berteriak seperti itu.


Tenang! semua yang anda hapus di drive akan masuk ke Recycle Bin yang artinya tempat sampah, disini anda akan melihat file-file yag telah anda hapus. ketika anda klik akan muncul tab General dengan mencetak tebal tombol  Restore yang artinya bila anda ingin melihat file anda, anda harus restore data. jika anda meng-klik restore file akan kembali ke lokasi drive semula sebelum di hapus. karna sesungguhnya file hanya mengalami pemindahan direktori sementara pada fitur Recylce Bin ini.


Jika anda ingin benar-benar membersihkan komputer anda dari file-file yang menurut anda sudah tidak terpakai lagi, lalu anda mengklik kanan kursor anda di lokasi sebelah kiri dan melihat Empty Recylce Bin.  Susah selesai, tempat sampah anda akan kosong semua sampah file anda akan masuk ke tempat pembuangan akhir sampah. 

Mengembalika file "Empty" Recylce Bin 

Tapi jika tiba-tiba anda sadar, ada file yang terbuang bersama sampah lain ketika anda mengosongkan Recylce Bin. pastinya anda sangat menyesal telah melakukannya , karna anda fikir file itu sudah benar-benar lenyap. 

Jangan bersedih kawan! sebenarnya ada cara yang bisa anda lakukan untuk memungut file anda tetapi tidak akan semudah anda memungutnya di Recylce Bin.

Sewaktu anda melakukan Empty Recylce Bin file allocation table merubah nama file anda dengan awalan karakter Quetion Mark (?). apa yang di maksud dari perubahan karakter nama file ini ? perubahan ini adalah kode untuk hardisk yang mengartikan bahwa space tempat file ini menerima tindakan overwriting. 

Seperti yang di sebutkan tadi, memang tidak mudah untuk mencari secara manual di hardisk, anda membutuhkan bantuan untuk mengembalikan file anda yang telah hilang. Bagaimana melakukannya ? caranya adalah memakai perangkat lunak  File Recoveru Software 

Untuk memecahlkan masalah seperti ini anda bisa memakai softwaere yang berfungsi sebagai Filr Rocovery software utility. atau mungkin anda bisa mencoba program tersohor cuma-cuma,  PC Inspector File Recovery.


Mungkin file anda bisa di bantu di tarik dengan bantuan software ini, karna memang tugas perangkat lunak ini adalah mengembalikan file yang di sapu Recylce Bin. Tetapi ada beberapa kemungkinan yang membuat file anda tidak dapat kembali atau tidak berhasil di tarik. Bayangkan saja, seperti layaknya pembuangan sampah akhir, bisa sajasampah anda mengalami penguraian dan hal lain sebagainya. seperti halnya file anda yang terhapus di Recylce Bin, bisa saja berkas anda sudah mengalami overwriting, dimana selama anda melakakukan kegiatan dengan komputer anda, berkas atau file anda di timpa oleh file lain.

Untuk menghindari hal ini terjadi, yang anda harus lakukan adalah membersihkan Bin anda lebih teliti dan selektif, lihat-lihatkah kembali file anda sebelum di Empty Recyle Bin. bilamana file anda sudah terlanjur terbuang dari Reclycle Bin, tindakan menggunakan File recovery softwarebaik di gunakan tepat sebelum anda mengalami overwriting, berarti sebelum anda melakukan kegiatan lain-lain di komputer. 

Demikian penjelasan singkat untuk mengembalikan file yang terhapus (tidak sengaja) atau telah di hapus (sengaja)  dari " Tong Sampah " selamayt mencoba dan bermanfaat :)   


3 komentar:

key mengatakan...

good job... tetap semangat ya nazma... :)

Dedek Penjaga Neraka mengatakan...

nice posting. .

Unknown mengatakan...

Thanks all :)

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo