Kamis, 05 April 2012

Komputer Tidak Mau Menyala Sama Sekali.

     Masih tentang Troubleshooting ni, kali ini kita akan membahas Bagaimana Cara Memperbaikin Komputer Yang Tidak Mau Menyala Sama Sekali, oke deh langsung aja yuk kita masuk ke pembahasan :)

Deskripsi Masalah


    Setelah menekan tombol power pada komputer ternyata sistem komputer tidak mau menyala/mati.

Solusi Masalah

     Jika komputer mati total ada banyak penyebabnya. Untuk itu, cek dari hal yang termudah dahulu:

  1. Cek apakah kabel power dari CPU, Monitor ke listrik masih baik.
  2. Jika menggunakan stabilizer atau UPS pastikan dalam keadaan baik dan tidak rusak.
  3. Cek apakah tombol power pada CPU masih bekerja dengan baik atau tidak, pastikan kabel power  tidak ada yang terputus, dan lihat apakah sudah terpasang dengan benar pada motherboard.
  4. Cek power suply apakah masih baik dan memberikan daya yang sesuai atau tidak, untuk hal ini bisa anda lakukan dengan alat ukur, atau jika berani menanggung resiko pasang  di komputer lain jika masih menyala berarti masih layak untuk digunakan.
  5. Pastikan power suply dalam keadaan baik, jangan hubungkan kabel daya keperangkat lain kecuali motherboard yang sudah dipasangi processor. lihatlah apakah kipas processor masih menyala jika tidak maka ada kerusakan di processor atau motherboard.
  6. Jika komputer menyala, pasang kembali satu persatu perangkat keras lalu coba hidupkan. Contohnya pasang RAM hidupkan komputer lihat apakah komputer bisa menyala atau tidak. Begitu seterusnya, jika pada saat memasang perangkat keras misalnya hardisk komputer tidak menyala, maka hardisk tersebut rusak/korslet.
  7. Jika masih belum bisa bawa ke teknisi komputer terpercaya :D 

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan jangan lupa komentarnya ya agar saya bisa menulis lebih baik lagi :) terimakasih karna telah berkunjung :)

1 komentar:

Yutuber Miskin mengatakan...

waaah... Sgt bermanfaat skli ,makasi mba jgn lupa kunjungi juga blog Cerita Lucu punyaku y :D

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo